Diklat Dukungan Promosi dan Invesatasi

Jum`at, 11 Februari 2011 08:52:12 - oleh : suharsiwi

Sragen- Potensi sumber daya alam berupa pertanian di Kabupaten Sragen merupakan aset pemerintah daerah untuk menarik investasi. Sebuah daerah perlu menarik investasi domestik maupun asing untuk masuk, agar daerah itu maju. Untuk mengola potensi tersebut serta mencapai target pertumbuhan investasi, maka yang pertama harus dilaksanakan adalah peningkatan keahlian dan ketrampilan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sejalan dengan hal tersebut SCBD Sragen bersama dengan Bappeda Sragen mengadakan Diklat Dukungan dan Promosi Investasi pada Selasa-Kamis (8-10/02/11). Diklat yang diselenggarakan di Ruang Sukowati Setda Kab. Sragen ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan para peserta agar dapat mengoptimalkan potensi alam dan meningkatkan investasi.

Diklat dibuka oleh Sekretaris Daerah Sragen Ir. Darmawan Minto Basuki, MM, MT. Dalam pembukaanya Ia menyampaikan bahwa saat ini pemerintah daerah telah menyiapkan 300 hektar area untuk menarik investasi. Area tersebut merupakan area strategis dengan pengairan yang baik dan akses jalan yang mudah ditempuh. Namun untuk mengelola potensi tersebut tetap dibutuhkan peningkatan keterampilan SDM. "Selain menyiapkan potensi-potensi fisik tersebut, peningkatan kualitas SDM juga tak kalah penting,"ujarnya.

Sragen juga termasuk dalam kabupaten yang melaksanakan Proyek Peningkatan Kapasitas Berkelanjutan (SCBD). Melalui proyek ini Ia berharap kualitas SDM pejabat pemerintah daerah dapat ditingkatkan sehingga pembangunan di kabupaten ini berjalan dengan optimal.

Sehubungan dengan pengembangan SDM, Prof. M. Dawam Rahardjo selaku narasumber mengungkapakan bahwa Sragen adalah kabupaten yang budaya utama SDM-nya adalah pertanian. Oleh karena itu untuk mengembangkan sektor industri diperlukan adanya pelatihan-pelatihan.
"Salah satu cara peningkatan ketrampilan SDM di Sragen adalah pembentukan community college model Amerika yang mengkombinasikan pendidikan teknik dan manajemen berdasarkan prospek usaha di daerah yang bersangkutan", ujarnya.

Community college adalah pusat pengembangan sumberdaya manusia. Pemda Sragen perlu melakukan investasi dalam pengembangan sumberdaya manusia ini yang dilengkapi dengan laboratorium teknik dan sosial.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita" Lainnya