Diklat Humas Untuk PNS Sragen

Senin, 18 Juli 2011 09:53:27 - oleh : suharsiwi

Kepala Perwakilan Kompas Jawa Tengah, Sonya Hellen Sinombor salah satu narasumber Pelatihan Orientasi Eksekutif Senior V (Hubungan Masyarakat) menyampaikan materi pada sejumlah pejabat eselon II utusan seluruh SKPD Pemerintah Kabupaten Sragen, Selasa (21/6) di Badan Diklat dan Litbang Sragen.

Sragen- Kemudahan mendapatkan informasi terutama yang berhubungan dengan pelayanan publik merupakan hak masyarakat. Namun untuk mengolah informasi yang baik sehingga terbangun komunikasi yang efektif dibutuhkan pengetahuan serta ketrampilan kehumasan bagi aparat pemerintah.

Untuk membekali ketrampilan kehumasan bagi aparat pemrintah, SCBD Sragen menggelar Pelatihan Orientasi Eksekutif Senior V (Hubungan Masyarakat) untuk pejabat eselon II utusan dari seluruh SKPD Pemerintah Kabupaten Sragen. Pelatihan ini digelar pada hari Senin-Rabu (20-22/6) di Badan Diklat dan Litbang Sragen. Hadir sebagai salah satu narasumber Sonya Hellen Sinombor, Kepala Perwakilan Kompas Jawa Tengah menyampaikan materi Media Relations.

Dalam menyampaikan informasi terutama pada media, sebaiknya aparat mengetahui karakteristik media. Menurutnya media mempunyai peranan penting dalam memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mengembangkan pendapat umum, dengan menyampaikan informasi yang tepat, akurat dan benar. "Hal ini akan mendorong ditegakkannya keadilan dan kebenaran, serta diwujudkannya supremasi hukum untuk menuju masyarakat yang tertib", ungkapnya.

Namun yang terjadi selama ini posisi wartawan dianggap sebagai ancaman yang dapat memperburuk citra instansi. "Padahal dengan komunikasi yang baik, justru akan terjalin hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan," ujarnya.

Selain materi mengenai Media Relations, peserta juga dibekali pengetahuan mengenai Manajemen Strategis Public Relations oleh Dra.Hj.Sofiah, M.Si (Akademisi) dan Komunikasi Politik oleh I Gusti Ngurah Putra(Akademisi).

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita" Lainnya