Kabupaten Sragen Susun Buku Profil Gender dan Anak

Selasa, 1 Maret 2011 15:34:30 - oleh : suharsiwi

Sragen- Dalam rangka penyusunan Buku Profil Gender dan Anak, SCBD Sragen bekerjasamadengan bagian Pemberdayaan Perempuan Sekretariat Daerah Sragen mengadakanpertemuan dengan Kepala SKPD yang memiliki data pilah gender dan anak diKabupaten Sragen pada Selasa (01/03/2011).

PenyusunanBuku Profil Gender dan Anak ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri NegaraPemberdayaan Perempuan RI No.6 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Data Genderdan Anak. Salah satu tahapan penyusunan buku ini adalah pertemuan dengan kepalaSKPD terkait dalam rangka mengumpulkan data pilah gender dan anak.

Kegiatanyang diselenggarakan di Ruang Rapat Bappeda Kab. Sragen tersebut dipimpin oleh Rina Wijaya, SP. MT selaku Kepala Bagian PemberdayaanPerempuan Setda Sragen. Dalam kegiatan tersebut dijelaskan kebutuhan data pilahgender dan anak yang harus dipenuhi oleh SKPD terkait, untuk selanjutnya datatersebut diolah dan dianalisis sehingga akan mengahasilkan suatu rekomendasi.

Beliau menjelaskan bahwa dengan data pilah gender dan anak dapat diketahui pemetaanhasil pembangunan terhadap laki-laki dan perempuan serta anak. Data pilahgender dan anak ini akan mencakup seluruh kecamatan di Kabupaten Sragen, yaituberjumlah 20 kecamatan.

Beliauberharap dengan penyusunan Buku Profil Gender dan Anak ini akan meningkatkanketersediaan data pembangunan gender dan menyediakan hasil analisis isu-isuprioritas diberbagai bidang pembangunan sebagai bahan masukan untukperencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evalusi kebijakan,program dan kegiatan pembangunan daerah yang responsif gender dan peduli anak.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita" Lainnya