Pemkab Adakan Seminar Good Governance

Rabu, 9 Maret 2011 11:16:24 - oleh : suharsiwi

   SRAGEN - Pemkab menggelar Seminar Good Governance dengan tema "Kepemerintahanyang Baik dan Etika Pemerintah", Sabtu (17/4). Acara berlangsung di RuangSukowati kompleks kantor Setda Sragen, diikuti oleh Camat serta Kepala SatuanKerja Perangkat Daerah (SKPD). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara PemkabSragen dengan Asian Development Bank (ADB), Direktorat Pengembangan Kapasitasdan Evaluasi Kinerja Daerah Dirjen Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri sertaLembaga Adminstrasi Negara (LAN).

      Dalam sambutannya Bupati Sragen H. Untung Wiyono mengatakan istilah goodgovernance tidak asing lagi di lingkungan Pemkab Sragen dan selama ini sudahberjalan baik. Melalui seminar ini diharapkan pemahaman mengenai GoodGovernance akan semakin baik. Sehingga setiap SKPD dapat menjalankan perannyadan Kabupaten Sragen akan lebih maju serta menjadikan prastasi adalah tradisi.

      Bupati menegaskan kelemahan bangsa disebabkan rendahnya kualitas sumber dayamanusia. Terkait hal ini Pemkab Sragen mengupayakan pendidikan formal dannon-formal untuk membentuk manusia yang berkualitas unggul. Upaya bidangpendidikan non-formal seperti penyediaan jurusan kepandaian/ketrampilan khususdan pembekalan life skill. Bagi siswa sekolah, ada empat hal yang menjadikurikulum wajib. Diantaranya Bahasa Inggris, Teknologi Informasi (TI), ilmuwirausaha, pendidikan budi pekerti dan wawasan kebangsaan.

      Kepala Bappeda Sragen, Ir. Darmawan, MT, MM, dalam laporan tertulisnya yangdibacakan oleh Ir. Simon Nugroho, mengatakan peraturan yang berkaitan denganpelaksanaan good governace untuk mengatur perilaku pelayanan publik sudahbanyak diterbitkan. Namun pelaksanaan tata pemerintahan yang baik di lapangantergantung pada keingingan dan kemauan daerah masing-masing. Dengan otonomiluas yang diterapkan pemerintah daerah, maka diperlukan aparat birokrasi yangmemiliki pemikiran luas dan berkinerja baik.

      Selanjutnya melalui Sustainable Capacity Building for Decentralization Project(SCDB-P) akan dikembangkan capacity building untuk mendukung program visi danmisi Kabupaten Sragen. Terlebih lagi, Kabupaten Sragen sebagai salah satukabupaten yang mengedepankan pelayanan publik, investasi dan kewirausahaan yangdidukung aparat pemerintah berkualitas, sangat peduli dalam penyusunan kerangkakebijakan good governance ini. Dengan harapan dapat diterapkan dalam sistemkerja dan pelayanan oleh aparat Pemkab Sragen. (Source:Sragen Online, 19/04/2011)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita" Lainnya