PDE dan BKD selenggarakan Pelatihan SIMPEG Web Based (Sistem Informasi Manajemen Administrasi Kepega

Jum`at, 25 Maret 2011 08:41:48 - oleh : suharsiwi

Sragen-Bertempat di Aula Merbabu tanggal  23Maret 2011 Badan Diklat Sragen,PDE dan BKD menggelarpelatihan SIMPEG bagi SKPD di lingkup kabupaten Sragen. Pelatihan ini diikutioleh sejumlah penanggung jawab kepegawaiandari masing-masing SKPD.

PelatihanSIMPEG bertujuan untuk mewujudkan suatusistem informasi kepegawaian di kabupaten Sragen. Dalam hal ini, SCBD telah berhasil menyusun aplikasi SIMPEG berbasis internetselakuservice provider Pemda kabupatenSragen yang berperan menjadi fasilitatorprogram bersama PDE dan BKD yangmerupakan pengelola jaringan SIMPEG. 

 "Sebenarnya SIMPEG sudah lamaada di Sragen tapi sistemnya stand alone danhanya diupdate oleh admin BKD."Ungkap Estiarto (PDE). "Akan tetapi SIMPEG tersebut dibutuhkan oleh semuasatker sementara sering kali data dari BKD dan satker tidak sinkron. Olehkarena itu, sistem SIMPEG web based ini muncul sebagai solusi dari permasalahan tersebut."    

Menyadaripentingnya pengelolaan data kepegawaian yang baik, Sragen menerapkan SIMPEGdengan sistem web based, di manabelum semua daerah di Indonesia ini menggunakan sistem tersebut. Hal inidipercaya sebagai salah satu indikator kemajuan daerah.

Pada hari berikutnya tanggal 24 Maret di RuangSukowati Setda Sragen diadakan pelatihan serupa yang diikuti peserta penanggungjawabkepegawaian dari seluruh kecamatan, puskesmas dan UPTD Sragen.

Adabanyak manfaat yang didapatkan dari SIMPEG (webbased) seperti diungkapkan oleh MochAliminselaku narasumber yaitu meningkatkan pelayanan, meningkatkan kemudahan dan transparansirekruitmen pegawai negeri sipil (PNS) serta meningkatkankultur transparansi di lingkup birokrasi.

Ia juga mengungkapkanbahwa SIMPEG akan dapat terlaksana baik denganadanyadukungan semua pihak, adanya dukungan infrastruktur (server, bandwitch, operator), adanya konsultan mendampingiberjalannya program tersebut.

EniErnawati, peserta dari Kecamatan Kalijambe mengaku tak mengalami kesulitandalam mengoperasikan aplikasi inikarena SIMPEG yang dapat diakses dihttp://simpeg.sragenkab.go.id merupakan aplikasi yang cukup sederhana.

Meskipun sederhana aplikasi ini memiliki banyakkeunggulan. Salah satu keunggulannya adalahterkendalinya setiap perubahan data pegawai sehingga dapat tersaji data pegawaiyang terkini.

DanangBudi Setiawan, ST selaku pesertadari Inspektorat mengatakan bahwa pelatihan tersebutmemudahkan dan mengefisienkan administrasi di kantor karena sistem yangdigunakan selangkah lebih maju dan rapi.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita" Lainnya