Aparat Kecamatan dan Kelurahan Dilatih Tata Naskah Dinas

Sabtu, 16 Juli 2011 09:04:39 - oleh : suharsiwi

 

Sejumlah aparat utusan dari kecamatan, kelurahan dan desa Kabupaten Sragen sedang mengikuti Diklat Tata Naskah Dinas di Badan Diklat dan Litbang Sragen. Pelatihan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan ketertiban administrasi bagi aparat pemerintah.

Sragen- Selama ini tata naskah di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa belum dikelola secara baik, dari segi penyusunan, pengarsipan maupun sarana dan prasarana. Untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap aparat dalam penyusunan tata naskah dinas, SCBD bersama dengan Bappeda Sragen mengadakan Diklat Tata Naskah Dinas.

Pelatihan dilaksanakan selama lima hari, dimulai pada Rabu (18-23/5) dihadiri sejumlah peserta perwakilan dari seluruh kecamatan, beberapa kelurahan dan desa di Kabupaten Sragen. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memperlancar komunikasi tertulis, keseragaman, dan tertib administrasi di lingkungan Pemkab Sragen.

Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. Dalam penyampaian materi, beliau menekankan pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penyusunan surat. "Selama ini banyak surat-surat dinas yang salah dalam penyusunannya karena tak sesuai dengan kaidah bahasa yang benar, padahal dalam pemerintahan, bahasa memiliki peranan yang cukup penting untuk menciptakan kesepahaman," ungkapnya.

Menurutnya selain menggunakan bahasa yang baik dan benar, pengirim surat juga diharapkan dapat menulis surat dengan bagian-bagian surat yang tepat. Ketidaktepatan penulisan bagian-bagian surat dan ketidakefektifan penggunaan bahasa dalam surat dinas dapat menyebabkan terganggunya komunikasi melalui surat dinas.

Selain dibekali dengan kemampuan menggunakan bahasa yang benar, peserta juga dibekali materi tentangManajemen dan Sistem Administrasi Perkantoran, Kerangka Umum Tata Naskah Dinas, Kewenangan dan Pelimpahan wewenang dalam penanda tanganan naskah dinas. Diakhir kegiatan peserta juga akan melakukan studi kasus dan latihan pembuatan naskah dinas.

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita" Lainnya